Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah di Pameran Properti


Tips & Info / Monday, June 25th, 2018

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah di Pameran Properti – Bagi anda yang sedang berburu rumah impian, mengunjungi pameran properti bisa menjadi solusinya. Selain memiliki banyak pilihan, tak jarang para developer memberikan promo-promo atau bonus menarik selama pameran berlangsung. Meski terdapat banyak penawaran yang tentunya sangat menggoda, bukan berarti anda tidak perlu melakukan persiapan terlebih dahulu.

Perlu diingat, anda tetap harus telilit dan cermat dalam membeli properti. Jangan sampai anda menyesal belakangan. Nah oleh karena itu, sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu sebelum membeli rumah di pameran properti. Penasaran apa saja hal yang harus dipersiapkan? Simak tipsnya dibawah ini.

Baca Juga :


Berikut hal yang harus dipersiapkan sebelum membeli rumah di pameran properti

Persiapkan diri sendiri

Hal pertama yang harus anda persiapkan tentu adalah diri anda sendiri. Pastikan jenis tempat tinggal yang akan anda beli. Apabila anda tidak masalah dengan tinggal di lokasi yang jauh, anda bisa memilih perumahan di pinggiran kota yang harganya lebih murah dibandingkan dengan di pusat kota.

Namun apabila anda memilih untuk tinggal di pusat kota karena mobilitas sehari-hari, anda bisa memilih apartemen.

Ketahui kemampuan finansial anda

Setelah mengetahui jenis tempat tinggal yang akan dibeli, hal berikutnya yang harus dipersiapkan adalah mengetahui kemampuan finansial anda. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah memperkirakan harga properti yang akan anda beli nantinya.

Jika anda berencana membeli rumah dengan KPR, anda juga bisa menghitung berapa cicilan KPR perbulan yang harus anda bayar.

Surat pesanan rumah

Setelah menemukan rumah yang diinginkan, jangan langsung putuskan untuk membayar DP atau uang muka. Anda sebagai pembeli berhak untuk meminta surat perjanjian yang berisi janji-janji serta penawaran yang akan anda dapatkan pada pembelian rumah anda dalam sebuah surat pesanan yang ditandatangani kedua belah pihak.

Biasanya di surat pesanan juga terdapat PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) dan harus ditandatangani sesuai jadwal oleh konsumen. Jika tidak, maka pesanan akan dianggap hangus. Sayangnya, para developer seringkali tidak memberikan PPJB pada saat pameran properti. Oleh karena itu, anda sebagai pembeli berhak untuk memintanya pada developer saat pameran properti.

Itulah hal yang harus dipersiapkan sebelum membeli rumah di pameran properti. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *