Begini Tips Membersihkan Pagar Rumah Agar Lebih Kinclong


Home Design, Tips & Info / Saturday, December 30th, 2017

Begini Tips Membersihkan Pagar Rumah Agar Lebih Kinclong – Kebersihan rumah tak hanya selalu dinilai dari isinya saja. Justru area luar rumahlah yang pertama kali dinilai. Hal pertama yang anda lihat ketika akan memasuki rumah pastinya area luar rumah terutama pagar rumah bukan?

Oleh karena itu, kebersihan pagar rumah penting untuk diperhatikan terutama pagar besi mengingat pagar rumah merupakan cerminan bagian dalam rumah. Pagar besi memerlukan perawatan yang rutin dan berkala.

Perawatan pagar besi hanya dengan sekali cat tidak akan cukup karena dapat dengan mudah terkelupas jika terkena cuaca panas dan hujan. Namun ternyata ada cara agar pagar jadi lebih kinclong dan tahan lama seperti dibawah ini.

Baca Juga : Berikut 3 Poin Penting Untuk Memulai Investasi Rumah Berlibur!

Berikut tips membersihkan pagar rumah agar lebih kinclong dan tahan lama.

1. Kikis lapisan cat yang sudah lama

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah kikis lapisan cat yang sudah lama dahulu sebelum dilapisi dengan cat yang baru. Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mengikis cat lama seperti kape.

Proses pengikisan cat lama terbilang mudah, namun anda butuh kesabaran ekstra karena mengikis lapisan cat membutuhkan waktu yang lama, apalagi kalau pagar rumah anda memiliki model pagar berukir.

Proses pengikisan juga penting dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa karat pada permukaan pagar agar hasil cat ulang tidak bergelombang. Perlu diketahui juga, jika masih terdapat sisa karat, karat tersebut dapat beroksidasi dan akan menghasilkan karat yang baru. Hal tersebut dapat beresiko merusak permukaan cat yang lain.

Nah, jika anda merasa mengikis terlalu memakan waktu, anda dapat menggunakan paint remover. Namun perlu diingat, paint remover merupakan bahan kimia. Jadi anda perlu ekstra hati-hati saat menggunakannya. Baca petunjuk baik-baik dan pastikan anda menggunakan alat pelindung seperti kaca mata pelindung dan sarung tangan.

2. Ampelas pagar besi

Apabila proses pengikisan cat lama sudah selesai, anda bisa melanjutkannya dengan mengampelas pagar besi. Anda bisa menggunakan kertas ampelas dengan tingkat kekasaran medium untuk mengampelas pagar besi anda.

Fungsinya adalah untuk membersihkan sisa cat dan debu yang terdapat pada permukaan pagar besi agar proses pengecatan cat nanti akan lebih maksimal. Tak hanya itu, proses tersebut juga dapat membuat permukaan pagar besi menjadi lebih halus.

3. Lapisi dengan cat dasar

Setelah permukaan pagar besi bersih dari karat dan halus, saatnya dilapisi dengan cat dasar atau primer. Anda bisa menggunakan cat dasar yang khusus besi yang tahan dengan alkali agar proses pengeringan lebih cepat. Pastikan juga untuk tidak mencampur terlalu banyak tiner ke dalam cat agar daya tutup cat menjadi lebih maksimal.

4. Lapisi cat penutup

Terakhir, setelah lapisan cat dasar sudah mengering, anda bisa melanjutkannya dengan melapisi pagar besi dengan cat utama. Proses pengecatan cat utama harus dilakukan dengan hati-hati dan dimulai dari bawah ke atas.

Agar warna lebih merata dan menempel dengan kuat, anda bisa melakukan 2 kali pengecatan. Pengecatan yang kedua harus dilakukan setelah cat pertama sudah kering.

Itulah tips membersihkan pagar rumah agar lebih kinclong. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *